Tips Memilih Pipa PVC yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Pipa PVC Maspion AW 4" (6M) - PT. SAHABAT ANA GRUP

Instalasi pipa memiliki peranan yang cukup penting dalam kebutuhan rumah maupun pada pk bangunan besar. Ya, selain digunakan untuk kebutuhan saluran air bersih, pipa juga bisa digunakan untuk saluran pembuangan, pipa air panas, dan masih banyak lagi. 

Apabila terjadi kerusakan pada pipa, maka saluran air pun menjadi terganggu. Jika dibiarkan, tentu saja dapat memicu terjadinya kebocoran yang lebih parah lagi. Saat ini ada banyak sekali jenis dan ukuran pipa PVC yang tersedia dipasaran, dimana masing-masingnya memiliki fungsi dan karakter yang berbeda-beda. Tak hanya tipenya yang beragam, harga pipa PVC juga cukup bervariasi yang tergantung pada merk dan ukurannya.  

Berbicara soal pipa, secara kebetulan pada kesempatan kali ini akan memberikan beberapa tips dalam memilih pipa PVC. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini. 

1. Pilih Pipa yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa pipa PVC menghadirkan beragam tipe dan ukuran yang berbeda-beda. Sebut saja seperti pipa HDPE, yang memang paling banyak digunakan untuk proyek air bersih. Pasalnya, jenis pipa HDPE memiliki sifat yang lentur dan tahan terhadap korosi. Jika dirawat dengan baik, maka pipa HDPE ini dapat bertahan hingga 50 tahun lamanya lho. 

Lain halnya dengan jenis pipa PVC atau yang biasa disebut dengan istilah paralon. Pipa ini memiliki ciri khas bewarna putih, yang materialnya terbuat dari bahan termoplastik dengan sifat yang kaku dan keras. Umumnya jenis pipa PVC digunakn untuk kebutuhan rumah tangga, seperti saluran pembuangan air dan atap rumah. Tak hanya itu, pipa PVC juga biasa membutuhkan smbungan dengan panjang minimal 4 meter dari pipa PVC. 

2. Cek Daya Tahan Atau Kelenturan Pipanya

Apaibila kamu mendatangi penjual pipa PVC maupun jenis pipa lainnya, tentunya mereka akan memberi penjelasan mengenai karakter dan fungsi masing-masing dari jenis pipanya yang berbeda-beda. Nah, untuk mengetahui kualitas dari sebuah pipa PVC, kamu bisa menekan pipa hingga bagian dalamnya. Ketika ditekan ternyata tidak pecah atau belah, artinya pipa PVC tersebut benar-benar berkualitas. 

3. Sesuaikan Ukuran Pipa Dengan Kebutuhan

Menyesuaikan ukuran pipa merupakan hal yang sangat penting. Mengapa demikian? Jika ukuran pipanya salah, secara otomatis pipa tersebut tidak akan sesuai dengan kebutuhanmu. Dari segi ukuran, pada umumnya pipa untuk kebutuhan rumah itu memiliki ukuran diameter 1/2 inci sampai 1,1/2 inci. lain halnya untuk kebutuhan bangunan atau rumah besar, dimana kamu harus menggunakan pipa PVC yang berukuran 1,1/2 – 1,1/4 inci. 

Sedangkan untuk besaran tekanannya, maka kamu harus memilih pipa PVC kelas AW. Jika untuk tekanan yang sedang seperti pembuangan limbah maupun air hujan, maka pipa PVC yang ideal digunakan adalah pipa PVC kelas D. 

4. Menentukan Fitting dan Jenis Perekatnya

Hal berikutnya yang harus kamu perhatikan dalam memilih pipa PVC, yakni menentukan fitting dan jenis perekatnya. Dalam hal ini, disarankan bagi kamu untuk memilih fitting yang tipenya sama dengan jenis pipa yang digunakan. Adapun mengenai jenis perekat yang tersedia dipasaran, yakni lem khusus perekat pipa dan fitting, serta lem khusus perekat yang dapat menyatukan pipa melalui proses kimiawi (solvent). Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan dalam memilih pipa PVC. Nah, bagi kamu yang ingin membeli pipa PVC secara online yang terpercaya, silahkan http://www.pipahdpe.net/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *