Teknologi Motor Listrik

Seiring perkembangan jaman yang  serba canggih dan modern ini tentunya tidak akan terlepas dari yang namanya teknologi. Dan teknologi  pada saat ini benar-benar dimanfaatkan oleh manusia untuk mendukung segala aktivitasnya sehari-hari supaya lebih efektif dan efesien.

Begitupun teknologi di bidang transfortasi, banyak sekali alat-alat transfortasi yang dibuat dengan menggunakan teknologi canggih diantaranya adalah motor listrik. Sekarang ini motor listrik mulai menunjukkan eksistensinya di pasar otomotif Indonesia. Hal ini bisa dilihat dengan semakin banyaknya berbagai produk motor listrik yang hadir di pasaran Indonesia. 

Nah, bagi anda yang membutuhkan motor listrik, dalam tulisan kali ini akan coba merekomendasikan 3 motor listrik sebagai berikut :

  1. EC-GO2

Produk ini merupakan motor listrik yang dibawa oleh PT Green City Traffic (GCT). Motor listrik yang satu ini diklaim bisa menempuh jarak jauh hingga 80 km dalam sekali isi. Selain itu, motor listrik juga dapat melewati genangan air setinggi 30 cm. Bukan hanya itu, pihak GCT juga telah menyematkan fitur-fitur terkini pada motor listrik ini. Misalnya GPS dan aplikasi pada smartphone yang bisa memonitor informasi sepeda motor tentang baterai, suhu kendaraan, lokasi GPS, kecepatan, dan data lokasi pengisian baterai di luar yang sudah terkoneksi dengan BMS (Battery Management System). 

  1. Selis E-Max

Motor listrik Selis E-Max ini diperuntukkan untuk digunakan di lingkungan sekitar rumah atau jarak yang tidak terlalu jauh. Dimana, jarak tempuh maksimalnya hanya 40 km dengan kecepatan tertinggi 50 km/jam. Motor penggeraknya sendiri memiliki kemampuan sebesar 1.200 watt. Selain itu, Selis E-Max ini juga telah dibekali baterai dengan spesifikasi 60 volt 20 ampere. Untuk mengisi baterai sampai penuh membutuhkan waktu kurang lebih 4-6 jam.   

  1. Viar Q1

Motor listrik yang satu ini merupakan hasil kerjasama antara Viar dengan Bosch, merek otomotif asal Jerman. Motor listrik Via Q1 ini resmi diluncurkan pada ajang Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2019 yang lalu. Berbeda dengan generasi sebelumnya, motor listrik Viar Q1 ini telah dibekali baterai dengan kualitas yang lebih baik, yakni dua buah baterai Lithium Ion dengan kapasitas masing-masing sebesar 60V 23Ah. Kedua baterai ini diklaim mampu bertahan hingga jarak tempuh 120 km atau dua kali lipat dari Viar Q1 model yang pertama. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *