Manfaat Bayam Untuk Kesehatan Yang Harus Diketahui

Bayam merupakan jenis sayuran yang banyak dijual di pasaran dengan harga yang cukup murah. Walaupun harganya murah, namun bayam ini mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. Hal ini dikarenakan pada sayur bayam terdapat banyak kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan. Lalu apa saja manfaat bayam untuk kesehatan? Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini akan membahas tentang beberapa manfaat bayam untuk kesehatan sebagai berikut ini :

  1. Mencegah Anemia 

Manfaat bayam untuk kesehatan yang pertama adalah mencegah anemia. Hal ini berkat adanya kandungan zat besi yang cukup tinggi pada bayam. Namun, bayam ini juga mengandung oksalat yang bisa menghambat penyerapan zat besi jika dikonsumsi. Nah, untuk mensiasati hal tersebut anda bisa mengonsumsi vitamin C yang bisa membantu penyerapan zat besi. 

  1. Nutrisi Untuk Ibu Hamil

Perlu anda ketahui bahwa sayur bayam ini memiliki khasiat yang cukup penting untuk ibu hamil. Hal ini berkat adanya kandungan folat pada bayam yang sangat dibutuhkan oleh janin. Dimana, folat ini bisa mengembangkan sistem saraf janin sehingga dapat menghindari risiko cacat pada mulut seperti celah bibir atau sumbing. 

  1. Menjaga Tekanan Darah

Manfaat bayam untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk menjaga tekanan darah. Hal ini dikarenakan kandungan potasium pada bayam ini mampu menurunkan tekanan darah. Selain itu, dengan adanya kandungan folat ini juga bisa mengurangi risiko hipertensi yang menenangkan pembuluh darah. Sehingga dengan tekanan darah yang terkontrol, akan membuat stres pada sistem kardiovaskular semakin berkurang. Dengan demikian, tubuh anda pun akan mendapatkan pasokan oksigen dengan baik.

  1. Mencegah Asma

Manfaat bayam yang terakhir adalah untuk mencegah asma. Dalam hal ini, berdasarkan studi terhadap 433 anak yang menderita penyakit asma dengan rentang umur 6-18 tahun, dan anak-anak yang tidak mengidap asma. Dan hasilnya menunjukkan bahwa anak yang mengonsumsi asupan nutrisi beta-karoten akan  berisiko terkena asma lebih rendah  dibandingkan anak yang tidak memakan nutrisi tersebut. Nah, nutrisi beta-karoten ini merupakan sumber nutrisi pada bayam. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *