Ciri – Ciri Keputihan Yang Tidak Normal

Keputihan merupakan hal wajar yang dirasakan oleh semua kaum wanita. Hal ini merupakan kondisi alami yang berfungsi untuk membersihkan serta melindungi area wanita dari iritasi dan infeksi. Dimana, saat seorang wanita mengalami keputihan akan mengeluarkan lendir dari alat vitalnya. Lendir yang diproduksi oleh kelenjar dalam area wanita akan keluar sambil membawa sel-sel mati serta bakteri sehingga alat vitalnya tetap bersih. 

Namun jika keputihan terus-menerus dan menyebabkan vagina gatal-gatal dan bau memang tidak akan membuat nyaman. Hal ini bisa menyebabkan rasa percaya diri Anda berkurang karena terus merasa nggak nyaman dan takut orang tahu bahwa Anda bau. Nah jika ternyata keputihan anda beraroma tidak sedap, bisa jadi itu tanda bahwa keputihan Anda tidak normal. Tentu saja Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter terkait hal ini. Maka dari itu, kenali ciri-ciri berikut ketika keputihan yang Anda alami sudah tidak normal.

Ciri – Ciri Keputihan Tidak Normal

  • Beraroma Tidak Sedap

Ciri – ciri keputihan tidak normal yang pertama adalah beraoma tidak sedap. Perlu diketahui bahwa biasanya keputihan yang normal tidaklah bau. Ketika keputihan Anda berbau bahkan menyengat dan hampir dikatakan seperti bau busuk, maka bisa jadi ada kuman yang bersarang dan berkembang biak di vagina Anda.

  • Berwarna

Ciri-ciri keputihan tidak normal selanjutnya adalah berwarna. Ketika normal, warna keputihan adalah bening dan transparan. Jika berwarna putih susu masih tidak apa-apa. Namun jika sudah hijau pekat, kuning, atau bahkan disertai dengan darah, ini masuk dalam kategori keputihan yang tidak normal.

  • Menimbulkan gatal

Ciri-ciri keputihan tidak normal lainnya adalah dapat menimbulkan gatal. Apabila area vagina anda gatal dan ketika mengalami keputihan? Ini juga merupakan salah satu ciri vagina dalam masalah.

  • Nyeri ketika kencing

Ciri-ciri keputihan tidak normal yang terakhir adalah terasa meyeri saat kencing. Nyeri ketika kencing merupakan tanda bahaya ketika Anda sedang mengalami keputihan. Ini tanda bahwa kuman sudah sampai di kandung kemih Anda. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *