Bunga Kredivo vs Uang Teman, Mana Paling Rendah?

Jika sedang mencari pinjol cepat cair dan mudah seperti Kredivo maupun Uang Teman, sepertinya kamu harus membaca beberapa perbandingan berikut ini. Ulasan tentang Kredivo dan Uang Teman semata-mata untuk memberikan informasi kelebihan masing-masing beserta dengan produk-produknya yang bisa dimanfaat oleh masyarakat.

Zaman pandemi seperti saat ini sudah wajib untuk mempertimbangkan segala sesuatu yang berkaitan dengan keuangan apalagi jika berhubungan dengan utang. Semua langkah harus diperhitungkan dengan hati-hati agar tidak salah langkah. Salah satunya memastikan bahwa perusahaan yang kamu pilih itu aman dan sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan seperti Kredivo dan Uang Teman. 

Bunga Kredivo vs Uang Teman, mana paling rendah?

Berbicara soal perusahaan pinjaman online mamang tidak akan pernah lepas dari bunga, biaya administrasi serta denda keterlambatan. Tiga poin penting itulah yang sebenarnya perlu kamu gali jika berurusan dengan pinjaman online. Karena tidak sedikit yang salah langkah dan terperdaya oleh beberapa pinjol ilegal sehingga malah merugikan debitur.

Nah, untuk bunga Kredivo sendiri sebesar 2.6% flat untuk semua produk. Sedangkan untuk pinjaman tunai akan dikenai biaya admin di awal sebesar 6% yang akan dipotong dari dana pinjaman. Hal ini justru lebih memudahkan dibandingkan harus menyediakan uang muka terlebih dahulu. 

Lalu bagaimana dengan Uang Teman? Bunga Uang Teman sedikit berbeda dengan Kredivo. Bunga pinjaman yang ditetapkan antara 0.5-0.6% per hari. Artinya jika dikalikan selama 30 hari berarti bunganya sekitar 15-18% per bulannya. Namun, jika ingin mengambil produk cicilan ringan dengan kredit limit sampai dengan Rp10 juta, bunganya juga berbeda yaitu 6% per bulan. 

Dengan perbandingan seperti ini kamu sudah bisa melihat perbedaannya antara produk yang ditawarkan oleh Kredivo maupun Uang Teman. Kredivo memberikan bunga flat untuk semua produk, perbedaan hanya di biaya admin untuk pinjaman tunai. Sementara bunga Uang Teman berbeda-beda untuk tiap produknya seperti bunga produk sekali bayar berbeda dengan produk cicilan ringan.

Namun begitu, produk sekali bayar dari Uang Teman tidak mengenakan biaya admin ataupun  uang muka sama sekali. Jadi, semua dana pinjaman akan secara bulat ditransfer ke rekening debitur. 

Keunggulan Kredivo vs Uang Teman

Kredivo punya beberapa kelebihan seperti bunga rendah, kredit limit tinggi hingga merchant yang luas yang sudah bisa menerima transaksi offline juga. Jadi, pengalaman untuk bertransaksi dengan pinjol kini makin mudah, proses pengajuan pinjaman pun bisa cepat cair hanya lewat aplikasi saja.

Poin plus lain yang ditawarkan oleh Kredivo adalah one stop solution untuk berbagai tagihan bulanan seperti pembayaran tagihan listrik, handphone, AIR atau PDAM, BPJS Kesehatan maupun pembelian token listrik dan pulsa handphone. Dengan begitu, semua berbagai jenis tagihan bulanan dapat dibayar dalam satu platform sehingga lebih efisien dan efektif.

Keunggulan Uang Teman memiliki coverage atau jangkauan daerah yang lebih luas dibandingkan dengan Kredivo. Beberapa daerah yang belum dicover oleh Kredivo sudah terjangkau oleh Uang Teman. 

Transaksi Kredivo vs Uang Teman

Sebagai pinjol cepat cair dan mudah, baik Kredivo maupun Uang Teman menawarkan transaksi tanpa kontak sama sekali. Jadi, sudah dapat dikatakan menyesuaikan protokol kesehatan, tanpa kontak langsung  sama sekali.

Pengajuan pinjaman bisa dilakukan hanya lewat aplikasi resminya masing-masing. Tidak perlu datang ke kantornya meskipun alamat kantornya tertera dengan jelas. Untuk mengajukan pinjaman tentu harus menjadi member terlebih dahulu. Untuk Kredivo, kamu perlu menjadi member premium jika ingin mendapatkan kemudahan pinjaman mini maupun pinjaman jumbo.

Baik uang teman maupun Kredivo mensyaratkan beberapa dokumen resmi seperti KTP, bukti mutasi rekening atau tempat tinggal dari berbagai tagihan lainnya, serta foto KTP dan Selfie dengan terlihat jelas wajahnya sebagai bukti keabsahan identitas calon debitur.

Nah, kira-kira itulah perbandingan tentang kelebihan dan kekurangan masing-masing tentang Kredivo dan Uang Teman. Terlepas dari pilihan platform yang ada, sebaiknya lebih bijaksana lagi dalam mengajukan pinjaman. Paling tidak jangan sampai melebihi dari sepertiga penghasilan, syukur-syukur kurang dari 20 persen saja dari total penghasilan bulanan. Agar cicilan makin ringan dan bisa menganggarkan untuk kebutuhan lainnya seperti proteksi, tabungan, hingga investasi. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *