Berikut Ini Tips Memilih Furnitur Yang Baik dan Benar

Memang memilih furnitur itu bukanlah hal yang mudah. Namun ada hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih furnitur. Maka dari itu, sebelum anda memilih furniture alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu tips-tipsnya. Berikut tips memilih furnitur yang baik dan benar :

  1. Perhatikan Skala Ruangan 

Banyak orang yang belum memahami konsep dari mendesain sebuah ruangan sehingga tidak mengetahui cara memilih furnitur sesuai besarnya ruangan. Misalnya, ruangan berukuran 3×3 meter diisi dengan sofa berukuran 3 meter, padahal masih ada meja yang harus diletakkan di ruang tersebut, sehingga ruangan tersebut nampak sempit dan sumpek. Jadi, dengan memberikan space, ruangan anda akan lebih memiliki nilai estetika, nyaman dan mudah dibersihkan.

  1. Sesuaikan Dengan Konsep Ruangan

Saat ini banyak sekali konsep desain interior ruangan yang tersedia di pasaran. Mulai dari modelnya yang klasik, minimalis, kontemporer, dan lain sebagainya. Dimana, konsep tersebut memiliki bentuk furnitur serta ambience ruangan yang berbeda-beda. Jika rumah anda dibangun dengan konsep desain interior ala kerajaan misalnya, maka pilihlah furnitur bergaya klasik, seperti dari kayu dan ukiran-ukiran. Namun, jika anda ingn ruangan nampak lebih bersih, luas dan tidak terlalu banyak detail, maka pilihlah jenis furnitur minimalis. 

  1. Pilih Furniture Bahan Berkualitas dan Memiliki Konstruksi Yang Kuat

Memang ada banyak bahan furnitur yang tersedia di pasaran. Namun untuk usia dan ketahanan yang lebih lama, coffe table dan meja rias merupakan dua contoh furnitur yang bisa tahan lama dengan konstruksi kayu, salah satunya adalah ragam furnitur Jepara. Selain terkesan lebih alami, kayu juga memiliki daya tahan yang lebih bagus dibanding bahan lainnya seperti kayu partikel dan alumunium. Sedangkan untuk jenis lain, pastikan anda memilih furnitur dengan kualitas finishing dan kain pelapis yang baik. 

  1. Sesuaikan Budget Yang Dimiliki

Memilih furnitur yang tepat adalah disesuaikan dengan budget yang anda miliki. Selain itu, atur pembelian furnitur, misalnya jangan sampai anda membeli sofa mahal, namun malah membeli tempat tidur yang murah. Walaupun anda lebih banyak menghabiskan waktu di sofa, namun tidak ada salahnya menginvestasikan dana lebih banyak guna kenyamanan berisitirahat.  

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *