Berikut Daftar Caleg DPR RI Yang Mendapatkan Suara Terbanyak Pada Pemilu 2019

Seperti yang diketahui bahwa Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetaokan 576 calon legislaif terpilih sebagai anggota DPR RI periode 2019-2024. Penetapan ini sendiri dilakukan melalui rapat pleno terbuka di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Sabtu (31/8/2019). Nah, dalam tulisan kali ini akan memberikan informasi tentang daftar caleg DPR RI yang mendapat suara terbanyak sebagai berikut :

  1. Puan Maharani

Caleg DPR RI yang pertama adalah Puan Maharani. Yang mana, Puan Maharani ini merupakan caleg dari Partai PDI Perjuangan. Ia mencalonkan diri untuk dapil Jawa Tengah V dan memperoleh sebanyak 404.034 suara. Tentunya hasil ini menempatkan Puan menjadi caleg dengan suara terbanyak pada Pemilu 2019 yang lalu. Hal ini tidak aneh, selain sebagai putri Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri, ia juas menjabat sebagai Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

  1. Cornelis

Sama seperti Puan Maharani, Cornelis juga merupakan caleg dari Partai PDIP untuk dapil Kalimantan Barat I. Cornelis mendapatkan 285.797 suara pada Pemilu 2019. Ia sangat populer di tempat pemilihannya, karena memang pernah menjabat Gubernur Kalimantan barat selama dua periode. 

  1. Hidayat Nur Wahid

Caleg DPR RI selanjutnya adalah Hidayat Nur Wahid. Beliau merupakan caleg dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk daerah pemilihan DKI Jakarta II. Hidayat Nur Wahid memperpleh sebanyak 281.372 suara dalam pileg 2019. Selain itu, beliau juga sudah beberapa kali terpilih sebagai anggota DPR.

  1. Roberth Rouw

Caleg DPR RI dengan suara terbanyak berikutnya adalah Roberth Rouw. Ia merupakan mantan anggota DPR RI dari Partai Gerindra. Lalu pada Pileg 2019, ia hengkang ke Partai Nasdem. Di Nasdem ia maju lewat dapil Papua dan meraih sebanyak 274.426 suara. 

  1. Rano Karno

Aktor kawakan ini merupakan caleg dari Partai PDI Perjuangan. Ia mencalonkan diri untuk dapil Banten III. Dalam Pemilu 2019, ia mendapatkan sebanyak 274.294 suara. Hal ini tidak mengherankan, karena ia pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur dan Gubernur Banten.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *