Berbagai Jenis Makanan Kuah Yang Menyegarkan Khas Indonesia

5 Tips Membuat Kuah Bakso yang Sedap dan Lezat, Bikin Laper!

Makanan kuah memang menjadi makanan yang banyak dijual dan ada di Indonesia. Makanan kuah khas Indonesia ini cocok untuk anda yang ingin makan siang yang segar. Makanan kuah ini mempunyai banyak varian kuah dan isian yang enak. Makanan kuah dari berbagai daerah di Indonesia juga mempunyai ciri khasnya sendiri-sendiri. Makanan kuah khas Indonesia ini juga kini mulai go internasional. Makanan kuah khas Indonesia ini juga banyak diminati. Ada makanan kuah yang dijadikan cemilan saja atau dijadikan makanan berat. Berikut daftarnya!

  • Baso Kuah

Siapa yang tidak kenal dengan bola daging yang dimakan dengan kuah yang segar. Baso ini bahkan sudah mendunia. Sebenarnya baso juga ada di daerah di Asia lainnya. Baso di Indonesia sendiri dimakan dengan kuah yang segar dengan bahan pelengkap lainnya. Bahan pelengkap lainnya yang dimakan dengan baso adalah mie bihun atau mie soun. Ada juga yang dimakan dengan mie telor. Kemudian tahu juga ada di kuah baso di Indonesia. Dimakan dengan sambal yang pedas dan jeruk nipis enak sekali.

  • Soto

Makanan kuah selanjutnya adalah masak soto ayam. Soto adalah makanan kuah segar yang juga terdapat sayuran sebagai bahan pelengkapnya. Soto sendiri memiliki kuah kuning untuk soto ayam. Sedangkan untuk soto daging kuahnya cenderung bening namun kaya akan rasa gurih dari daging. Nah, soto ayam ini dimakan dengan mie bihu atau soun, kol, toge dan juga juga tahu goreng. Kuah soto ayam yang kuning ini berasal dari bumbu kunyit dan bumbu lainnya. Sedangkan soto daging biasanya hanya bawang putih dan merica saja.

  • Pindang Ikan Kuah

Makanan berkuah lainnya dari Indonesia yang tidak kalah segar dan enak adalah pindang ikan kuah. pindang ikan kuah ini adalah makanan yang berasal dari Sematera Selatan. Namun daerah lain seperti lampung juga terdapat pindang ikan kuah. pindang ikan kuah ini memiliki warna kuah kuning. bumbu yang dipakai untuk membuat pindang ikan kuah adalah kunyit, sereh, laos, jahe, cabe, bawang dan juga kemiri. Pindang ikan kuah juga dicampur dengan nanas di beberapa rumah makan. Cara makannya bisa dengan tempoyak. Tempoyak adalah durian yang sudah mengalami fermentasi.

  • Sop Daging

Makanan kuah asal Indonesia yang juga menyegarkan. Apalagi dimakan dengan sambal yang pedas. Sop daging sendiri hampir mirip dengan soto daging namun sop daging kaya ayak sayuran sebagai pelengkapnya. Sop daging ini dimasak dengan daging yang direbus lama lalu tambahkan air lagi untuk kuahnya. Kemudian masukkan kentang, wortel dan kol. Kemudina berikan daun bawang dan bawang goreng untuk penambah rasa enak.

  • Mie Ayam

Makanan selanjutnya ini cocok untuk cemilan di malam hari. Mie ayam banyak sekali dijual di Indonesia dan sangat gurih. Mie ayam biasanya menggunakan mie kuning atau mie lembut yang dibuat sendiri. Tekstur mie ayam sendiri lembut sekali dan kenyal. Mie ayam mempunyai kuah kuning yang dicamur dengan tumis ayam kecap kuning yang gurih. Mie ayam ini sendiri bisa dimakan dengan baso atau baso tahu. Mie ayam sangat lezat jika ditambahkan saos dan sambalnya. Mie ayam juga biasanya dimakan dengan pangsit. Pangsit yang dijadikan kerupuk biasanya akan menambahkan rasa gurih ayam. Kerupuk pangsit bentuknya bisa besar atau kecil.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *