Begini Alur Pemberian Vaksin Covid-19 yang Benar

Vaksin Corona Pfizer Mulai Digunakan di Inggris

Hampir satu tahun terakhir, Indonesia dan seluruh dunia sedang sangat diresahkan dengan yang namanya virus corona. Virus ini pertama kali ditemukan pada akhir tahun 2019 silam di Wuhan Cina. Namun sungguh miris karena virus ini menyebar ke seluruh dunia dengan begitu sangat cepatnya dan bahkan virus ini sampai merenggut nyawa manusia yang mengakibatkan diberlakukannya status pandemi.

Hingga akhir tahun 2020 belum ada vaksin yang diberikan pemerintah kepada masyarakat sebagai upaya untuk menghentikan kematian akibat virus corona ini. Namun kamu jangan khawatir sebab sebenarnya vaksin untuk pencegahan dan penanggulangan virus ini telah ditemukan dan telah melalui proses uji kelayakan dan saat ini sedang dilakukan pemroduksian secara massal.

Bila kamu merasakan sebuah gejala seperti terkena virus membahayakan ini, maka untuk penanggulangan pertama maka kamu bisa mengunjungi situs dan aplikasi Halodoc untuk menanyakan terkait gejala yang kamu rasakan langsung pada dokter sungguhan.

Tidak hanya di Indonesia saja, tetapi di beberapa negara lainnya juga telah menemukan vaksin covid  ini, hanya saja belum setelah melakukan pemroduksian secara banyak. Di Indonesia sendiri dicanangkan akan diberikannya vaksin ke seluruh masyarakat secara gratis. Namun tahukah kamu bahwa vaksin hanya diberikan kepada kamu yang sehat dan belum terserang virus.

Hal ini dikarenakan vaksin ini bermanfaat bukan untuk menyembuhkan penyakit covid 19, tetapi vaksin ini hanya bertugas untuk memperkebal daya tahan tubuh kamu. Sehingga kamu tidak akan mudah terserang oleh virus yang sangat mematikan ini. Sebab yang menjadi hal menakutkan dari virus ini bukanlah karena dampak yang ditimbulkan, tetapi kecepatannya dalam hal penularan.

Namun kamu tetap harus mematuhi protokol kesehatan yang telah diterapkan oleh pemerintah untuk kamu patuhi. Sebelum kamu menerima suntikan vaksin covidini sebaiknya kamu harus mengetahui terlebih dahulu efek samping dari vaksin ini jika ternyata tubuh kamu menolak akan keberadaan dari zat yang terkandung di dalam vaksin.

Efek Samping Vaksin Covid-19

Jika Sudah Vaksin Corona, WHO akan Berikan E-Sertifikat

Efek samping yang dimiliki oleh vaksin ini adalah demam yang tinggi, meriang, pusing dan bahkan menyebabkan silinder. Tidak ada jaminan juga bahwa kamu tidak akan merasakan mual setelah disuntikkan vaksin ini. Hal ini juga yang menjadi penyebab mengapa hanya orang sehat yang dapat disuntikkan vaksin ini, sebab apabila tidak maka orang sakit akan merasa semakin sakit.

Tata Cara Pemberian Vaksin Covid-19

Setelah kamu mengetahui manfaat serta efek samping dari pemberian vaksin ini, maka selanjutnya kamu harus mengetahui alur pemberian vaksin oleh pemerintah. Apa saja yang harus kamu siapkan dan lakukan terlebih dahulu? Berikut ini penjelasan lebih lanjut terkait hal tersebut.

Pendaftaran

Untuk penyebaran vaksin menjadi lebih merata ke seluruh masyarakat, maka tahap pertama yang harus dilakukan adalah melakukan pendaftaran terkait keinginan kamu untuk mendapatkan vaksin.

Skrining

Pada tahap selanjutnya adalah tahap skrining, pada tahap ini kamu akan diambil data mengenai identitas pribadi, gejala apa yang mungkin pernah kamu rasakan terkait covid, riwayat penyakit yang pernah kamu derita, jenis vaksin apa yang pernah kamu gunakan beberapa hari terakhir, serta obat-obatan apa yang kamu produksi beberapa waktu terakhir.

Pemberian Vaksin

Apabila kamu telah lolos tahap skrining maka tahap selanjutnya adalah kamu akan diberikan vaksin dengan cara penyuntikan ke tubuh kamu. Vaksin ini diberikan 2 kali suntikan, 1 suntikan di hari pertama, dan 1 suntikan di hari ke 14.

Konsultasi Pasca Kejadian

Setelah kamu mendapatkan penyuntikan maka selanjutnya kamu akan diarahkan ke ruang KIPI yang mana di tempat tersebut kamu akan menerima informasi mengenai efek samping dan apa saja kemungkinan yang akan kamu rasakan.

Menunggu Pengamatan 30 Menit

Setelah itu kamu akan diarahkan untuk menunggu 30 menit dengan pengawasan petugas medis untuk melihat efek apa yang terjadi.

Demikianlah langkah dan tahapan untuk memperoleh vaksin covid  yang akan diberikan oleh pemerintah secara gratis.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *