3 Universitas Terbaik Di Brunnei Darussalam

Seperti yang diketahui bahwa Brunnei Darussalam merupakan salah satu negara di Asia Tenggara dan menjadi negara kaya yang menjadikan minyak sebagai sumber pendapatan negara. Sehingga tidak aneh kalau negara ini sangat makmur dan berkecukupan di segala bidang, termasuk di bidang pendidikan. Hal ini bisa dilihat dengan banyaknya kampus-kampus elit disana. Nah, bagi kamu yang berminat kuliah di negara kesultanan ini berikut 3 universitas terbaik di Brunnei Darussalam :

  1. University of Technology Brunei 

Kampus terbaik di Brunei Darussalam yang pertama adalah University of Technology Brunei (UTB). Universitas teknik yang didirikan pada tahun 1986 ini awalnya merupakan sebuah institut yang bernama Institut Teknologi Brunei (ITB). Yang menariknya, semua tenaga pengajar di kampus ini bukan asli orang Brunei yang notabenenya bangsa Melayu. Namun mereka semua berasal dari Inggris. Lalu pada tahun 2016, institut ini berubah nama menjadi University of Technology Brunei. 

  1. Sultan Sharif Ali Islamic University

Kampus terbaik di Brunei Darussalam selanjutnya adalah Sultan Sharif Ali Islamic University (UNISSA). Kampus ini memiliki konsep tidak jauh berbeda dengan perguruan tinggi agama Islam (PTAIN) berbasis universitas seperti UIN yang ada di Indonesia. Kampus ini sendiri berada di wilayah Gadong, yang masih kawasan ibukota Bandar Seri Begawan. Perguruan tinggi yang didirikan pada tahun 2007 ini mengambil nama dari seorang keturunan Syarif asal Mekkah, Barkat Ali Ibnu Sharif Ajlan Ibnu Sharif Rumaithah. Atau sering juga disebut dengan nama Sultan Sharif Ali, yang merupakan seorang Sultan Brunei ketiga. 

  1. University of Brunei Darussalam 

Kampus terbaik di Brunei Darussalam lainnya adalah University of Brunei Darussalam (UBD). UBD ini merupakan universitas terbaik dan universitas tertua di Brunei Darussalam. Universitas yang berdiri pada tahun 1985 ini terletak di ibukota Bandar Seri Begawan, tepatnya di jalan Tungku Link. Awalnya kampus ini hanya memiliki 176 mahasiswa saja, karena memang jumlah penduduk Brunei Darussalam ini sedikit yang hanya seitar 400.000 jiwa saja.  

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *